Maksimalkan sinyal EEAT situs web Anda melalui tautan internal strategis dalam model konten cluster pilar yang terstruktur dengan baik.

admin

Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan ( EEAT ), SEO lebih fokus pada isyarat berbasis konten. Namun, tautan internal sering kali diabaikan. 

Strategi yang kuat namun kurang dimanfaatkan secara signifikan, yaitu tautan internal, sangat penting dalam menampilkan EEAT situs web Anda dan meningkatkan kinerja SEO Anda . Ini melibatkan penempatan hyperlink secara strategis dalam konten situs web Anda untuk menghubungkan halaman yang relevan dalam situs Anda. Tautan ini memiliki tujuan ganda:

  • Mereka memandu pengguna untuk menjelajahi informasi terkait di situs web Anda. 
  • Mereka memberi sinyal kepada mesin pencari tentang pentingnya dan keterhubungan konten Anda. 

Dengan memanfaatkan tautan internal dalam strategi konten yang terstruktur dengan baik, Anda dapat membuka kunci untuk menunjukkan EEAT situs web Anda dan menjadikan diri Anda sebagai sumber daya tepercaya.

Memaksimalkan EEAT melalui struktur konten

EEAT membentuk kembali strategi SEO, menekankan perlunya konten berkualitas tinggi dan bermakna. Ini tentang menyusun cerita yang menarik, menunjukkan keahlian Anda, dan membangun hubungan dengan audiens – membuat mereka mempercayai Anda sebagai otoritas. 

Kemampuan sebuah situs web untuk secara efektif menunjukkan kualitas-kualitas penting ini kepada pengguna dan mesin pencari sangat bergantung pada organisasi, presentasi, dan interkoneksi kontennya.

Pepatah yang mengatakan “jack of all trade, master of none” dengan tepat menyoroti tantangan yang dihadapi ketika struktur konten diabaikan dalam mengejar EEAT. 

sel-internal-linking_cluster1

Pendekatan tidak terstruktur, yang ditandai dengan halaman-halaman yang berbeda dan terhubung secara longgar yang tersebar di seluruh situs web Anda, melemahkan pengoptimalan EEAT dengan: 

  • Kurangnya keahlian: Cakupan topik yang luas dan dangkal, yang berupaya menarik semua orang, gagal membangun pemahaman mendalam atau pengetahuan komprehensif tentang bidang tertentu.
  • Berkurangnya otoritas: Perubahan topik yang sering membuat penetapan otoritas di bidang tertentu menjadi sulit.
  • Mempertanyakan kredibilitas: Kurangnya fokus dapat menimbulkan kekhawatiran mengenai keandalan situs web Anda sebagai sumber informasi.

Merangkul pola pikir peta topikal

Bergerak melampaui pendekatan “jack of all trades” mengharuskan Anda mengubah strategi konten ke arah pola pikir peta topikal. Hal ini melibatkan visualisasi konten situs web Anda sebagai peta jalan, di mana setiap halaman berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang tema atau topik utama. 

Pergeseran ini membuka jalan untuk menerapkan strategi cluster pilar, yang berperan penting dalam membangun konten yang terstruktur dengan baik dan menampilkan EEAT.

Merangkul pola pikir peta topikal

Bayangkan halaman pilar sebagai penanda utama pada peta topik Anda. Sumber daya yang komprehensif dan otoritatif ini menggali topik inti secara mendalam, memberikan pemahaman mendasar tentang pokok bahasannya. Bayangkan halaman pilar Anda sebagai pusat pengetahuan. 

Halaman cluster mendukung halaman pilar Anda. Ini adalah artikel, postingan blog, atau format konten lain yang lebih spesifik dan terfokus yang mengeksplorasi berbagai aspek dan subtopik terkait dengan tema sentral. 

Bagaimana strategi ini meningkatkan EEAT: 

  • Keahlian yang ditingkatkan : Halaman pilar yang mendalam dan halaman cluster yang informatif menunjukkan pemahaman komprehensif Anda tentang topik yang dipilih, memperkuat posisi Anda sebagai pakar bagi pengguna dan mesin pencari.
  • Tingkatkan otoritas Anda : Sifat konten Anda yang luas, dengan pilar dan kelompok yang mencakup setiap area topik tertentu, membangun otoritas Anda pada topik tersebut. 
  • Peningkatan kepercayaan : Pengorganisasian konten situs web Anda yang jelas meningkatkan pengalaman pengguna dan membangun kepercayaan. 

Meskipun peta topik yang terstruktur dengan baik dan strategi klaster pilar menjadi landasan bagi kehadiran EEAT yang kuat, pemaksimalan dampak dari struktur ini bergantung pada hubungan internal yang strategis.

Dapatkan buletin harian yang diandalkan oleh pemasar pencarian.Alamat email bisnisLangganan


Kini setelah kita meletakkan fondasi dengan strategi konten yang terstruktur dengan baik dan mematikan, sekarang saatnya untuk meningkatkan EEAT kita dengan tautan internal yang strategis.

Bayangkan pendekatan ini sebagai saus rahasia atau perekat yang menyatukan ekosistem konten situs Anda. Dengan menyatukan halaman pilar Anda dengan konten cluster terkait, kami menciptakan jaringan informasi yang memperkuat struktur, kedalaman, dan otoritas situs Anda.

sel-internal-linking_cluster3

Sekarang, peta topik kita sudah selesai! Penempatan tautan internal yang strategis berfungsi sebagai penghubung penting dalam arsitektur situs web Anda. 

Menyusun informasi seperti seorang profesional

Bayangkan tautan internal strategis sebagai sirkuit pada motherboard, di mana setiap tautan merupakan jalur yang memastikan aliran energi antar komponen lancar dan efisien. Demikian pula, tautan internal di situs web Anda memfasilitasi aliran informasi dan distribusi ekuitas mesin pencari – mulai dari pilar prioritas tinggi hingga ke kelompok pendukung Anda. 

Tautan ini tidak acak; mereka ditempatkan dengan cermat untuk menciptakan hierarki yang jelas dan aliran informasi yang logis di seluruh situs Anda. Ini menunjukkan keterampilan organisasi Anda dan pengetahuan mendalam tentang topik yang ada. 

Hal ini seperti memberi tahu Google, “Hei, kami tidak hanya mengetahui barang-barang kami, tetapi kami juga tahu persis bagaimana semuanya cocok satu sama lain.”

Mendemonstrasikan kedalaman dengan setiap klik

Setiap kali Anda menautkan ke konten pendukung yang relevan, baik itu menyelami subtopik lebih dalam atau menjelajahi aspek terkait, Anda menunjukkan keluasan dan kedalaman pemahaman Anda. Ini menunjukkan otoritas Anda kepada pengguna dan mesin pencari.

Memberi isyarat pentingnya di tempat yang penting

Kami tidak hanya mendistribusikan ekuitas hingga ke halaman cluster. Dengan strategi tautan internal yang kuat, kami juga dapat memberi sinyal pentingnya halaman pilar. Dengan setiap halaman cluster tertaut kembali ke pilar, kami mengidentifikasi ke Google bahwa halaman induk atau pilar ini adalah tempat keahlian kami yang sebenarnya ditampilkan.

Menguasai tautan internal: Pendekatan berbasis topik

Anda telah menyusun strategi konten yang mematikan dan menyadari perlunya jaringan tautan internal yang kuat. Sekarang, saatnya untuk membuka potensi sebenarnya dari konten situs web Anda. Namun bagaimana Anda dapat menerapkan strategi tautan internal secara efisien yang memaksimalkan EEAT situs Anda?

Pendekatan berbasis topik pada tautan internal adalah tulang punggung strategi cluster pilar Anda, yang membentuk hubungan rumit antara setiap halaman. Namun mari kita tingkatkan permainan kita dengan memperkenalkan struktur berjenjang untuk halaman cluster Anda. Bagaimanapun, tidak semua halaman cluster dibuat sama.

Membangun hierarki halaman Anda

Mari kita mulai dengan membuat hierarki halaman yang jelas:

  • Halaman pilar : Halaman ini berdiri sebagai puncak otoritas, merangkum keahlian dan tema menyeluruh Anda.
  • Klaster tingkat 1 : Laman pembangkit tenaga listrik ini memiliki lalu lintas tinggi atau secara strategis menargetkan kueri penelusuran bervolume tinggi.
  • Cluster tingkat 2 : Bertindak sebagai pemeran pendukung, halaman ini mungkin berfokus pada istilah pencarian bervolume lebih rendah namun memainkan peran penting dalam memperkaya kedalaman konten Anda.

Sekarang setelah kita memiliki hierarki konten, sekarang saatnya menyelami seluk-beluk tautan internal.

sel-internal-linking_cluster4

Sebelum melanjutkan, penting untuk mengidentifikasi target tautan kami dengan tepat. Kami pada dasarnya memetakan penempatan tautan kami dengan mengikuti aturan berikut:

  • Dimulai dengan halaman pilar , tujuan kami adalah menempatkan tautan teks jangkar secara strategis yang mengarah ke halaman cluster Tingkat 1. Tautan ini berfungsi sebagai jalur yang memandu pengguna untuk mengeksplorasi aspek spesifik dari topik umum secara lebih mendalam.
  • Beralih ke halaman cluster Tingkat 1 , fokusnya sedikit bergeser. Di sini, kami memastikan setiap halaman tidak hanya terhubung kembali ke halaman pilar namun juga memperluas jangkauannya dengan menghubungkan ke halaman cluster Tier 2. Jaringan tautan yang saling berhubungan ini memperkuat kesatuan konten Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan beberapa titik masuk untuk menjelajahi topik terkait.
  • Terakhir, pada laman cluster Tingkat 2 , strategi penautan menjadi lingkaran penuh. Halaman-halaman ini tertaut kembali ke halaman cluster Tingkat 1 dan halaman pilar, menyelesaikan perulangan dan memperkuat relevansi dan otoritas konten Anda.

Berikut empat tip tambahan untuk mengoptimalkan strategi penempatan tautan Anda:

  • Gabungkan teks jangkar secara strategis: Tautan teks jangkar idealnya ditempatkan di badan halaman Anda, menggunakan kata kunci yang ada atau mengintegrasikan konten tambahan yang relevan. Penempatan strategis ini meningkatkan konteks dan relevansi tautan internal Anda.
  • Menilai penempatan tautan secara metodis: Menilai penempatan tautan dapat dilakukan dengan meninjau konten setiap halaman secara manual atau melalui alat otomatis seperti fitur ekstraksi khusus Screaming Frog. Meskipun peninjauan manual menawarkan kontrol dan penyesuaian yang tepat, metode otomatis memberikan efisiensi, terutama untuk klaster yang lebih besar. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan tautan internal ditempatkan secara strategis untuk meningkatkan kohesi konten.
  • Lacak tautan masuk dan keluar berdasarkan halaman: Saat Anda membangun strategi tautan internal, lacak jumlah tautan masuk dan keluar di setiap halaman. Hal ini memungkinkan Anda mempertahankan profil tautan yang seimbang dan memastikan bahwa halaman Anda terhubung dengan baik dalam arsitektur situs web Anda.
  • Terapkan pemantauan berkelanjutan untuk kinerja: Pantau perubahan metrik keterlibatan pengguna, seperti rasio pentalan dan waktu di halaman, serta fluktuasi peringkat mesin pencari. Dengan menilai secara rutin dampak tautan internal terhadap pengalaman pengguna dan visibilitas mesin pencari, Anda dapat membuat penyesuaian yang tepat.

Dengan mengintegrasikan penempatan tautan strategis ke dalam strategi konten Anda, Anda tidak hanya mengatur konten; Anda meningkatkan nilai, relevansi, dan daya tariknya bagi audiens dan mesin pencari Anda. Pendekatan yang disengaja ini adalah landasan untuk meningkatkan EEAT Anda dari bagus menjadi hebat, mengubah situs web Anda menjadi mercusuar kepercayaan, otoritas, dan keahlian dalam niche Anda. 

Ingat, SEO adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Terus pantau dan ulangi upaya membangun tautan Anda untuk mendorong hasil nyata. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment